Catatan Pemimpin

AGEN PERUBAHAN
Pdt. Edy Junaedi, MA. - 01 June 2017

Commercial Photography

Kemajuan yang diharapkan oleh setiap orang tidak terlepas dari bagaimana mereka mampu mengelola perubahan. Sebagai pemimpin, harus mampu berperan menjadi agen perubahan. Kenapa demikian? Karena pemimpin mempunyai pengaruh yang besar di lingkungan mereka, baik kepada anggota, bahkan kepada visi dan misi. Dalam konteks ini, sebagai pemimpin harus memahami bahwa cara kita menangani perubahan akan mempengaruhi apa yang akan terjadi. Itulah sebabnya para pemimpin harus memahami prinsip-prinsip dan manfaat perubahan.

Seorang pemimpin jangan sampai kehilangan tujuan  ketika ada perubahan, pemimpin menjadi pribadi yang hampir selalu menjadi orang yang pertama ketika menghadapi perubahan. Salah satu pekerjaan yang paling penting dari kepemimpinan adalah kemampuan menangani perbedaan dengan perubahan. Perubahan adalah inkubator pengembang kepemimpinan. Mempelajari, mengalami dan menganalisa perubahan itulah yang harus dikembangkan pemimpin sehingga para pemimpin menemukan sifat, potensi, manfaat, tantangan, dan bahaya perubahan. Sesuatu yang mustahil untuk memimpin tanpa terjadi adanya perubahan. Perubahan merupakan asset terbesar pemimpin. Kesuksesan atau kegagalan pemimpin dapat diukur dari bagaimana ia menyikapi atau meresponi, mengawasi, dan mengambil manfaat dari perubahan.

Dalam menyikapi perubahan, perusahaan atau pun organisasi sangat memerlukan suatu departemen tersendiri yaitu Departemen Penelitian dan Pengembangan. Departemen ini adalah departemen yang memikirkan untuk melakukan inovasi terus menerus dan melakukan perubahan demi kebaikan organisasi. Ada beberapa respon dan alasan kenapa para pemimpin menjadi agen perubahan?

#1. Pemimpin Mengharapkan Perubahan
Para pemimpin menyadari bahwa di dunia ini tidak ada yang permanen kecuali Tuhan. Itulah sebabnya para pemimpin harus hidup di dalam harapan terus menerus, karena berbagai hal dapat berubah setiap saat. Dari dasar inilah  para pemimpin juga harus menyiapkan mental anggotanya bahwa suatu saat nanti ada perubahan. 

#2. Pemimpin Memprakasai dan Menciptakan Perubahan
Pemimpin memimpin dan menciptakan langkah menuju masa depan. Pemimpin juga mengembangkan proses dan program yang menciptakan perubahan penting untuk bergerak menuju akhir yang baik seperti harapan dalam visi dan misi organisasi.

#3. Pemimpin Menafsirkan Perubahan
Pemimpin selalu mencoba menganalisa dan menafsirkan perubahan-perubahan di  lingkungan mereka dari berbagai perspektif, dimana segala perubahan yang terjadi pasti di dalamnya ada kesempatan-kesempatan yang menguntungkan. Pemimpin juga mencari yang baik di dalam setiap situasi perubahan entah itu dari akibat-akibatnya maupun tujuan dari perubahan tersebut.

#4. Pemimpin Menuntun Perubahan
Setelah menganalisa dan menafsirkan manfaat masing-masing dari perubahan, para pemimpin juga mencoba menuntun  dan mengarahkan perubahan itu di dalam organisasi mereka, entah perubahan itu diciptakan para pemimpin atau perubahan yang telah dipaksakan pada lingkungan mereka bagi kemajuan organisasi dan anggota.

#5. Pemimpin Merencanakan dan Memprogram Perubahan
Para pemimpin menciptakan strategi, merencanakan, dan memprogram perubahan sesuai visi dan misi dengan tujuan untuk membawa organisasi mereka menuju masa depan yang baik. Terkadang untuk mencapai masa depan dapat memaksa dalam terjadinya perubahan. Sebab itu para pemimpin harus mendesain dan memprogram berbagai perubahan yang perlu untuk membuat jalan menuju masa depan yang baik.

#6. Pemimpin Mempersiapkan Anggota Bagi Perubahan
Setelah menerima tanggung jawab dan memegang  kewajiban dari sebuah tugas yang dipercayakan Tuhan, sang pemimpin juga membuat perubahan yang penting di dalam kehidupan rohaninya, kehidupan pribadinya, kehidupan profesionalnya, kehidupan sosialnya dan bahkan mengembangkan keahlian-keahlian kehidupannya. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan anggota dalam menghadapi perubahan-perubahan yang sudah direncanakan.

#7. Pemimpin Mampu Mengambil Manfaat Dari Perubahan
Pemimpin harus dapat menggunakan kejadian-kejadian tak terduga, tak direncanakan, dan tak terantisipasi, menjadi keadaan-keadaan dan situasi kehidupan untuk keuntungan organisasi maupun angggota.

Dari dasar inilah para pemimpin dapat dikatakan sebagai agen perubahan!...

[ej]

Menjadi Serupa Dengan Kristus

Membangun Kerajaan Allah, Memiliki Iman Yang Teguh, Bersikap Profesional, dan Mencapai Hidup Sejahtera

— Kekeluargaan, Optimis, Misi, Pengabdian, Antusias, Sejahtera (KOMPAS) —