Inspiring Youth

CECILIA NOVANIE
Redaksi - 01 August 2017

"LEADER YANG BAWEL TAPI GA BOSSY"

Ditengah kesibukannya kuliah dan mengajar les private, tapi dia masih bisa menyempatkan diri untuk tetap terlibat dalam pelayanan di Gereja. Cecilia Novanie nama lengkapnya, walaupun sudah terlibat pelayanan sejak SMP kelas 1, awalnya sempat ragu juga untuk mengambil tanggung jawab sebagai ketua Dynamic Youth Community (DYC)* -Komunitas Pemuda Remaja GPKdI Taman Surya-. Tapi berkat support dari Gembala dan para mentornya, cewek yang dikalangan teman-temannya terkenal bawel plus easy going ini, akhirnya mengambil tanggung jawab untuk memimpin ±120an anak muda yang ada di DYC.

Gimana prosesnya sampe jadi Ketua Youth?
Waktu itu Ci Mer –Merke Lengkong- bikin satu mentoring, persiapan anak-anak buat jadi Leader. Pak Dwi sebagai gembala juga udah minta ada ketua Youth yang baru karena ketua Youth yang sebelumnya udah menjabat 7 tahun. Karena anak-anak angkatan sebelumnya dan sengangkatan aku pada belum bersedia. Akhirnya aku yang bersedia. Selain mencoba hal baru, ya.. merupakan suatu kehormatan dipercayakan jadi ketua Youth untuk meng-handle banyak anak muda.

Anggota DYC kan pasti ada yang lebih tua, pernah ga ngerasa ga enak mimpin mereka?
Awalnya merasa kayak gitu, ga biasa. Tapi banyak dari mereka yang support, mereka bilang “gak usah takut nyampein ide kamu, kamu tuh ketua youth, kalo misalkan kamu mau nyampein ide ato mau ngelakuin ini itu bilang aja”. Selama kita ngomong dengan kasih dan sopan, mereka bakal tetap ngelakuin. Kita kan di gereja sama-sama, ga ada yang lebih dari yang lain. Selama kita ga bossy, menggangap mereka semua itu tim bukan orang bawah kita, pasti mereka bisa menghargain apa yang kita lakuin dan apa yang kita mau minta. toh apa yang kita minta sebagai leader buat kemajuan DYC.

Kalo jadi ketua Youth kan bisa dikatakan harus jadi teladan juga, nah gimana tuh?
Kalo aku sih sampe sekarang, ya benar-benar ngandelin Tuhan. Kalo Tuhan udah pilih kita ya lakukan yang terbaik yang menjadi bagian kita seperti apa yang Tuhan percayakan. Kalo misalkan ada teguran atau masukan dari sana-sini untuk perubahan aku pribadi menjadi lebih baik lagi sebagai pemimpin, aku akan mendengarkan dan berusaha melakukan perubahan. Kalo misalkan masih ada yang masih complain, aku ga stress karna aku ngerti, kalo kita ga bisa menyenangkan semua orang dengan pelayanan kita ato dengan apa yang kita lakuin, cara nyikapinnya ya tetap berserah sama Tuhan and tetap give the best.

Cara kamu biar tetap semangat melayani Pekerjaan Tuhan?
Kita udah dipilih, apapun tantangan yang ada ditengah perjalanan kita dalam pelayanan, bagi aku harus tetap tau tujuan aku melayani Tuhan buat apa, entah Tuhan pilih aku dibagian mana, bagi aku tetap lakuin yang terbaik sesuai bagian mana yang Tuhan tempatin.

Bareng anak-anak DYC, pelayanan keluar apa aja yang sudah dilakuin?
Pelayanan masyarakat ke panti asuhan, panti grahita (cacat mental) dan panti werdha (jompo). Pelayanan ke sekolah-sekolah (Galatia 3 & Kasih Kemuliaan) dan Mission Trip ke manado & Kalimantan.

Ukuran keberhasilan suatu pelayanan bagi kamu apa?
Kalo aku biasanya, kalo banyak feedback or banyak dari mereka yang bilang merasa diberkati sama pelayanan aku.

Cara kamu bagi waktu pelayanan, kuliah dan ngajar?
Ibadah kan sabtu sama minggu, jadi pasti full buat pelayanan. Kalo senin sampe jumat, kuliah sama ngajar. Untuk pelayanan sendiri, kalo kita kan udah dikasih jadwal minimal satu bulan sebelumnya, jadi aku udah prepare minimal dua minggu ato satu minggu sebelumnya, udah mulai mikirin. Jadi, pas udah deket wakutnya, tinggal prepare dikit-dikit sama latihan.

Ada kiat-kiat khusus gak agar terhindar dari cara hidup bebas anak muda jaman sekarang?
Kita sebagai anak muda, harus menunjukkan identitas kita sebagai anak Tuhan, sambil juga harus menjaga keseimbangan dengan tanggung jawab selama masih didunia, sehingga orang luar ga liat kita terlalu fanatik, tapi kita tetap hidup sesuai dengan apa yang Tuhan mau. Taatin peraturan yang ada. Kalo misalkan kita lagi di jalan, ya taatin peraturan, jangan sampe cuma di gereja aja kita kelihatan rohani terus diluar engga. Selama hal-hal sekuler itu ga membuat kita melanggar firman Tuhan, buat aku itu oke karena bagi aku otoritas utamakan firman Tuhan, jadi apapun yang kita lakuin, entah kita kuliah, kerja, apapun itu selama kita tetap ikutin firman Tuhan. Kalaupun kita hangout, selama kita ga berlebihan aku sih oke. Aku juga ga pernah ke diskotik ato ke segala macam. Selama kita bergaul dengan orang yang benar, pasti kita ga akan ketempat yang bener.

Pesan khusus buat anak muda?
Dalam apapun yang kita lakuin sebagai anak muda, tetap hiduplah sesuai dengan yang Tuhan mau. Karena kita masih muda, masih banyak hal yg bisa kita lakuin, tapi harus inget, dari semua  kesibukan kita dimasa muda, temuin tujuan hidupnya Allah buat kita. Kalo kita udah nemuin tujuan hidupnya Allah bagi kita, hidup kita bakal jadi maksimal, karena kita beruntung juga udah bisa kenal Tuhan dari muda. Walaupun kita hidup di jaman teknologi informasi serta internet yang udah mendominasi kegiatan, kita harus jadi anak muda yang cerdas, tapi sesuai Firman Tuhan. Jangan sampe terlalu sekuler, terlalu terbawa hal-hal duniawi akhirnya kita jadi ga renunign firman lagi, ga peduli sama apa yang Tuhan mau ngomong sama kita. Tetap seimbang, tetap jadi berkat, tetap memancarkan kasihnya Kristus, biar orang-orang bisa ngalamin dan bisa liat Kristus dalam hidup kita.

Personal Data :
Nama Lengkap : Cecilia Novanie
Panggilan : Cen atau Cecil
TTL : Jakarta, 14 November 1996
Pendidikan : Universitas Bunda Mulia semester 3 (Jurusan Ilmu Komunikasi)
Pelayanan : Singer, MC, PIC Event, dan Sharing Firman
Ayat favorit : Mazmur 16:8
Motto : “Temukan tujuan hidupmu dari Tuhan, dan lakukan apa yang menjadi bagianmu,
             sehingga banyak orang diberkati”

“Cen itu ga pernah perhitungan buat pelayanan sama Tuhan, selama dia bisa kerjakan dia akan berusaha buat lakukan yang terbaik, apalagi hatinya buat anak remaja yang perlu dibawa sama Tuhan. Dan selama mentor dia, yang aku salut adalah dia mau banyak belajar ambil tanggung jawab, jadi hasilnya dia sekarang banyak kemajuannya dan bisa diandalkan” Merke Lengkong (Mentor Youth GPKdI Taman Surya)

Menjadi Serupa Dengan Kristus

Membangun Kerajaan Allah, Memiliki Iman Yang Teguh, Bersikap Profesional, dan Mencapai Hidup Sejahtera

— Kekeluargaan, Optimis, Misi, Pengabdian, Antusias, Sejahtera (KOMPAS) —