Reflection

MAU PILIH YANG MANA?
Emie Rustyaningsih - 11 April 2017

Setiap hari kamu diperhadapkan pada pilihan pilihan. Biasanya pilihan-pilihan yang kamu pilih saat ini dipengaruhi oleh sesuatu yang menguasai pikiran kamu sekarang ini. Pengaruh media yang di tonton dan dengar paling sering mengambil prioritas dalam pikiran kita. Memang media dibuat sedemikian rupa untuk menarik hati penontonnya. Kamulah yang memutuskan hal seperti apakah yang kamu inginkan meguasai hidupmu.

Tetapi pernahkah kamu menyadari bahwa tindakan-tindakan yang kamu buat atau putuskan juga mempengaruhi orang lain yang ada di sekitarmu. Kamu dapat dipengaruhi oleh mempengaruhi orang lain dengan hal positif atau negatif.

Kisah 1 - Maman Sulaeman driver Gojek Plus yang hebohkan netizen. Seorang driver yang memberikan pelayanan plus bagi pelanggannya. Layanan plus disini tidak bermakna negatif melainkan dalam arti sebenarnya dengan memberikan suvenir tissue atau permen serta menyediakan tempat charger handphone gratis. Yuyu Nur Azizah yang beruntung mendapatkan layanannya, melalui akun facebook miliknya kemudian menceritakan pengalaman pribadinya yang kemudian status tersebut dishare ribuan kali dan membuat Netizen takjub.   Maman Sulaeman sang driver mengaku memberikan pelayanan tersebut sudah sejak September, bulan kedua ia mulai menjadi driver Go-Jek.  Kala itu, Maman sedang termenung di depan rumahnya, lalu dia pun terpikir untuk memberi buah tangan bagi tiap penumpangnya. Maman mengatakan bahwa ia tidak menarik pungutan sama sekali atas pelayanan tersebut. Meski begitu, ia mengaku tidak merasa rugi. Namun, ternyata tidak semua usahanya itu mendapat sambutan baik dari penumpangnya. Bagi Maman, mungkin sang penumpang belum mengenal baik sopir Go-Jek tersebut. “Tetapi, saya enggak masalah, saya cuma ingin berbagi. Seperti kata Mario Teguh, kebaikan belum tentu disambut baik oleh orang lain,” katanya. Meski begitu, Maman tetap yakin akan terus memberikan pelayanan itu kepada semua penumpangnya. “Memang harganya enggak seberapa, tetapi yang penting ngikutin apa kata hati. Apa yang baik buat mereka, pasti baik juga buat saya,” kata Maman.

Kisah 2 - Joel Miggler (22), mengidap kecanduan yang sangat ekstrim dalam melubangi semua daging bagian wajahnya. Dia juga menambahkan berbagai pernak-pernik untuk menghiasi semua lubangnya. Total lubangnya mencapai sebelas lubang dengan ukuran yang berbeda-beda. Pria kelahiran Jerman ini sekarang telah masuk dalam daftar Guinness World Records dengan sebutan 'Manusia Terowongan Daging Di Wajah'. Obsesinya dengan memodifikasi tubuhnya sendiri dimulai pada saat ia berusia 13 tahun, ketika pertama kali ia melubangi daun telinganya.

Terlepas dari terowongan daging, Miggler memilki 27 tindikan di tubuhnya dan juga enam tato, implan, lidah bercabang yang mampu keluar masuk dari kedua lubang pipinya. Bahkan, ia bisa menyedot sebuah permen lolipop melalui sisi mulutnya. Miggler mengakui bahwa modifikasi tubuhnya itu memang menyakitkan. Namun, biasanya ia hanya merasa sakit dalam waktu seminggu setelah setiap prosedurnya dilakukan dan setelah itu ia merasa biasa-biasa saja. Dia juga berencana kedepanya untuk melakukan implan bola mata.

"Saya merasa senang dengan terowongan daging ini, tetapi saya selalu ingin mencoba hal yang lebih baru lagi," ujarnya. "Di masa depan, saya ingin meregangkan wajah saya bahkan lebih, untuk menjadi orang yang paling unik," tambahnya.

Kisah 3 - Andrew Darwis merupakan pengusaha muda pendiri komunitas online pada tahun 1999. Andrew darwis lahir pada tanggal 20 juli 1979, karena keuletannya dia berhasil menjadikan kaskus yang didirikannya menjadi komunitas online terbesar di indonesia yang mempunyai 3 juta member. Dia menjabat sebagai Cheif Tecnology Officer (CTO) di PT Darta Media indonesia (kaskus) sekaligus menjadi owner kaskus Network sehingga pada tahun 2009 lalu, Indosat memberi penghargaan sebagai Kaskus The Online Inspiring Award.   Di atas adalah contoh-contoh informasi yang kamu bisa baca setiap hari. Kamu tinggal pilih menginginkan informasi yang memberi motivasi positif atau negatif. Orang sukses tidak lebih baik daripada orang-orang lain. Mereka adalah orang-orang biasa yang memiliki sikap luar biasa.

Karakter orang-orang sukses : Semua yang mereka lakukan di mulai dari perenungan yang dalam. Mereka benar-benar merenungkan tentang tujuan hidup. Keinginan mereka adalah melakukan sesuatu bagi orang lain. Kesukaan mereka adalah membuat orang lain senang. Tetapi mereka bukan orang-orang yang larut dalam perenungan dan tidak berbuat apa-apa karena terlalu banyak berpikir, melainkan orang-orang yang berani melakukan yang mereka pikirkan walaupun dimulai dengan banyak kesalahan.

Mereka adalah orang-orang yang gigih. Kegigihan adalah kemampuan untuk menghadapi kekalahan, mau bersusah payah untuk mengatasi setiap rintangan dan melakukanya lagi sekalipun berulang-ulang tanpa menyerah. Kerja keras menjadi ciri hidup mereka. Mereka rela mengorbankan kesenangan mereka di waktu sekarang untuk dapat menikmati kesenangan dengan tercapainya cita-cita mereka di waktu mendatang.

Tentunya banyak karakter lain bisa kamu temukan saat membaca kisah hidup orang-orang yang sukses dan kamu dapat menerapkannya. Menjadi sebuah kebahagiaan kalau kisah hidupmu juga dibaca dan menginspirasi orang lain. Hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah bahwa orang-orang sukses di dalam Tuhan bergantung penuh pada Tuhan, dan menaruh keyakinan dan pengharapannya di dalam Firman Tuhan. Jadi dalam semua kesibukkan kamu meraih sukses jangan sampai lupa, Tuhan adalah segalanya. Sebab semua usaha kamu akan menjadi sia-sia tanpa perkenanNya.


Menjadi Serupa Dengan Kristus

Membangun Kerajaan Allah, Memiliki Iman Yang Teguh, Bersikap Profesional, dan Mencapai Hidup Sejahtera

— Kekeluargaan, Optimis, Misi, Pengabdian, Antusias, Sejahtera (KOMPAS) —