Renungan

SEDIKIT DEMI SEDIKIT
Santino Widjaja - 01 August 2017


"Aku tidak akan menghalau mereka dari depanmu dalam satu tahun, supaya negeri itu jangan menjadi sepi, dan segala binatang hutan jangan bertambah banyak melebihi engkau. Sedikit demi sedikit Aku akan menghalau mereka dari depanmu, sampai engkau beranak cucu sedemikian, hingga engkau dapat memiliki negeri itu" - Keluaran 23:29-30

Menarik sekali memperhatikan cara yang dipilih Tuhan untuk menghalau bangsa-bangsa Kanaan. Sebenarnya Tuhan bisa saja menghancurkan mereka sekaligus. Misalnya dengan hujan api dan belerang seperti pada Jaman Lot, atau membuat mereka saling bunuh sendiri, seperti  ketika Yosafat menghadapi bani Amon, Moab dan penduduk pegunungan Seir. Namun ternyata Allah lebih memilih untuk menghalau mereka “SEDIKIT DEMI SEDIKIT”.

Mengapa demikian?
  1. Membinasakan penduduk Kanaan sekaligus akan membuat mayat-mayat bergelimpangan,  tidak sempat untuk dikuburkan, dan membusuk. Sehingga justru menjadi bencana untuk lingkungan dan wabah penyakit bagi bangsa Israel. (Ingat Aceh paska Tsunami?)
  2. Akibat berantai berikutnya adalah “binatang hutan akan bertambah banyak” (ay. 29) . Binatang-binatang hutan yang biasanya diburu, sekarang bisa hidup tenang, dan berkembang biak dengan sangat cepat, yang pada gilirannya akan berbalik menyerang pemukiman manusia (bangsa Israel).
  3. Menghalau sedikit demi sedikit memberikan kesempatan bagi bangsa Israel untuk berkembang biak (ay. 30), sehingga umat Israel menjadi bertambah dalam jumlah dan semakin kuat, serta memiliki cukup populasi untuk menempati tanah Kanaan yang luas itu.
  4. Menghalau sedikit demi sedikit memberikan kesempatan kepada bangsa Israel untuk menambah “jam terbang” berperang sehingga meningkatkan keterampilan berperang mereka. (Ingat, bangsa Israel berasal dari latar belakang budak, tidak ada pengalaman berperang).
  5. Menghalau sedikit demi sedikit akan meningkatkan secara bertahap kepercayaan diri bangsa Isreal untuk mengalahkan penduduk Kanaan yang kuat, buas dan banyak jumlahnya (total ada 31 kerajaan).
  6. Keberhasilan yang instan cenderung membuat orang menjadi tinggi hati. “Sedikit demi sedikit” adalah sarana Allah untuk mendidik bangsa Israel tetap bergantung kepada Allah.
Strategi “Sedikit Demi Sedikit” ini sudah difirmankan oleh Allah kepada Musa saat di gunung Sinai.  Yaitu ketika bangsa Israel masih dalam perjalanan di padang gurun, jauh sebelum mereka sampai di Tanah Kanaan.  Sayangnya, ketika tiba saatnya mereka harus bertempur untuk merebut Kanaan, mereka lupa akan strategi ini. Inilah yang mereka lihat: 

Bilangan 13:27 Mereka menceritakan kepadanya: "Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya. 13:28 Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana. 13:29 Orang Amalek diam di Tanah Negeb, orang Het, orang Yebus dan orang Amori diam di pegunungan, orang Kanaan diam sepanjang laut dan sepanjang tepi sungai Yordan."

Mata mereka melihat seluruh kekuatan musuh di depan mata mereka. Seolah-olah semua musuh bersekutu untuk menghadang bangsa Israel. Tidak heran bila mereka merasa seperti belalang dan kehilangan kepercayaan diri untuk maju.  Sedemikian takutnya bangsa Israel sehingga mereka memilih untuk kembali ke Mesir.  Padahal Tuhan sudah bilang,  “sedikit demi sedikit”.  Artinya jangan lihat 31 kerajaan musuh di hadapanmu. Fokus saja pada 1 musuh pada satu waktu. Taklukkan satu demi satu, setahap demi setahap.  
Baru setelah 40 tahun kemudian, Yosua melakukan persis seperti yang Allah perintahkan.  Satu demi satu musuh dikalahkan. Mulai dari Yerikho, Ai, Yerusalem, Hebron, Yarmut,  perlahan-lahan bangsa Israel terus merangsek sampai akhirnya mengalahkan semua musuh dan menduduki Kanaan!

Masa depan adalah ibarat Kanaan yang harus kita rebut. Ia besar, buas, dan tidak terprediksi. Namun jangan gentar, karena Allah tidak meminta kita untuk merebutnya sekaligus. Halau saja SEDIKIT DEMI SEDIKIT, yang penting kita terus bergerak maju. Ok?!
KEEP MOVING, LITTLE BY LITTLE. 

[sw]

Menjadi Serupa Dengan Kristus

Membangun Kerajaan Allah, Memiliki Iman Yang Teguh, Bersikap Profesional, dan Mencapai Hidup Sejahtera

— Kekeluargaan, Optimis, Misi, Pengabdian, Antusias, Sejahtera (KOMPAS) —